RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
9. MENYIMAK
/ ISTIMA'
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
9.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks
wacana lisan tentang al-hiwayah dengan
tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil
mudhori’ dan kata an,
lan, lii (أن لن، لـ,)
C. INDIKATOR
9.1.1. Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
9.1.2. Menyebutkan kembali kosakata kerja yang
terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang al-hiwayah
9.1.3. Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan
al-hiwayah dengan menggunakan kalimat berstruktur: fiil mudhari + an / l an / li
+ fiil mudhari
D. tujuan pembelajaran
1.
Siswa dapat
mengidentifikasikan kata dan kalimat yang didengar
E.
Materi Pembelajaran
§ الهواية / hobi
§ Kalimat-kalimat berstruktur fiil
mudhori’ + kata
an, lan, lii (أن، لن، لـ) + fiil mudhari
§ Mufrodat tentang kata kerja harian (fiil mudhari)
§ Huruf an mashdariyyah, huruf lan dan li
§ Kata Tanya ma, madza …
§
Kosakata yurid, yastatii', yaqdir, yuhibbu dll yang diikuti huruf "an, lan,
li"
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Guru menanyakan keadaan siswa
§ Menanyakan kepada siswa tentang الهـواية
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
|
10
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
|
v Kegiatan inti
Kegiatan indikator 1 dan 2
Siswa mendemontrasikan dengan diberi contoh oleh
guru,secara perorangan atau
berkelompok
a. Guru
membacakan mufradat dengan lafal yang baik dan benar, siswa menirukan.
b. Guru
membacakan mufrodat, siswa menanggapi/menjawab artinya, dan sebaliknya
d. Guru/
siswa membacakan wacana lisan beberapa kali, siswa mendengarkan dengan seksama
e. guru
membacakan beberapa kalimat rumpang yang berstruktur fiil mudhori’ + kata an, lan, lii (أن، لن، لـ) + fiil mudhari dari
wacana lisan, siswa diminta melengkapi kalimat yang dibacakan guru
Kegiatan Indikator
3
1.siswa
berkelompok diberi tugas/kuis menjawab pertanyaan dengan cara mengisi
mufrodat pada kalimat yang rumpang, secara lisan maupun tulis.
2.setiap anak
mengambil kartu mufrodat. Setelah diberi aba-aba dari guru untuk membentuk
kalimat yang sesuai dengan wacana lisan untuk dipajang di papan tulis, siswa
bekerja mencari kelompok yang membentuk kalimat yang dimaksud. Yang tercepat
mengucapkan : ………… ……..,
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ berdoa
|
50
5
10
5
|
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
Tanggung jawab individu,
Tanggung jawab sosial
Religius syukur
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Kamus, LCD Proyektor, Gambar
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkankan / mengulang kembali
kata/kalimat yang telah didengar
§ Menyebutkan kembali kata-kata /
kalimat yang telah didengar
§ Mengidentifikasi makna-makna / arti
dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
|
§
Tes lisan
§
Tes tulis
§
Tanya jawab
|
Uraian
|
§ Ulangilah kalimat yang diperdengarkan
§ Apa arti kata-kata dan kalimat berikut
§ Apa saja kalimat berstruktur: fiil
mudhari + an / l an / li + fiil mudhari dalam hiwar
alhiwayah tersebut?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
9. MENYIMAK
/ ISTIMA'
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
9.2 Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang “kegemaran / الهـواية” dengan menggunakan kalimat
berstruktur fiil mudhori’ dan
kata an, lan, lii (أن، لن، لـ)
C. INDIKATOR
9.2.1. Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat
dan benar
9.2.2. Menyalin/menulis kembali kata-kata /
kalimat yang telah didengar
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa
dapat menemukan informasi umum dari wacana lisan yang diperdengarkan
E.
Materi Pembelajaran
§ Mufrodat tentang الهواية / hobi
§ Kalimat-kalimat berstruktur fiil
mudhori’ + kata
an, lan, lii (أن، لن، لـ) + fiil mudhari
§ Huruf an mashdariyyah, huruf lan dan li
§ Kosakata yurid, yastatii', yaqdir, yuhibbu dll yang diikuti huruf "an, lan, li"
أنا اريد أن اتكلم باللغة العربية جيدا
نحن نريد أن نتكلم باللغة العربية جيدا
و هم يريدون أن يتكلموا باللغة العربية جيدا
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan keadaan siswa
§ Menanyakan kepada siswa pertemuan sebelumnya tentang الهـواية
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Guru
membacakan mufrodat, siswa menanggapi/menjawab artinya, dan sebaliknya
§ Guru
membacakan kalimat, siswa dalam kelompok tanpa melihat buku, menuliskan
artinya di kertas karton dan menunjukkan
§ Guru membacakan mufrodat dan
kalimat , siswa menuliskan yang didengarnya
§ Guru memberikan penguatan
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ berdoa
|
10
50
5
10
5
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
dipercaya, kerjasama
Tanggung jawab individu,
Tanggung jawab sosial
Religius syukur
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Kamus, LCD Proyektor, Gambar
§
Mufrodat wisata
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
§ Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah
didengar
|
§ Tes lisan
§ Tes tulis
§ Tanya jawab
|
Uraian
|
§ Artikan kalimat-kalimat berikut!
§ Tulislah kata/ kalimat yang
diperdengarkan ini!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
9. MENYIMAK
/ ISTIMA'
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
9.3 Memberikan
tanggapan/ respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog
sederhana tentang الهـواية
dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil
mudhori’ dan kata an, lan, lii (أن، لن، لـ)
C. INDIKATOR
9.3.1.
Mengungkapkan kembali (bercerita)
tentang isi wacana yang telah didengar
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat
merespon ide/gagasan dari sebuah wacana lisan atau dialog sederhana
E.
Materi
Pembelajaran
§ Wacana الهواية
/ hobi
§ Kalimat-kalimat berstruktur fiil
mudhori’ + kata an,
lan, lii (أن، لن، لـ) + fiil mudhari
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan keadaan siswa
§ Menanyakan kepada siswa pertemuan sebelumnya tentang الهـواية
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
|
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
|
v Kegiatan inti
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang الهـواية (Eksplorasi)
§ Siswa saling mengungkapkan materi/ tema tentang الهـواية dengan satu kalimat, saling melengkapi (Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Siswa memperhatikan cerita yang
diperdengarkan guru
§ Siswa mengungkapkan kembali dengan
bahasa sendiri
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan الهـواية (Konfirmasi)
|
10
50
5
|
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ berdoa
|
10
5
|
relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§
Tayangan Media elektronik
tentang dialog bertema
wisata
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana
yang telah didengar
|
§ Tes lisan
|
Uraian
|
§ Ceritakan kembali isi wacana yang
diperdengarkan kepadamu!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP.
197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
10. BERBICARA
/ KALAM
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
10.1 Bercerita tentang
الهـواية
dengan lancar dan tepat
C. INDIKATOR
10.1.1.
Melafalkan kosa kata dan kalimat
dengan pelafalan yang tepat dan benar
10.1.2. Menggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
10.1.3.
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; limadza, lima, hal
10.1.4.
Menanggapi/merespons berbagai pertanyaan
dengan tepat
10.1.5.
Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan benar
D. tujuan pembelajaran
1.
Siswa dapat mengucapkan
percakapan dengan lancar
E.
Materi Pembelajaran
§ Teks Hiwar الهواية / hobi
§ Mufrodat tentang kata kerja harian (fiil mudhari)
§ Huruf an mashdariyyah, huruf lan dan li
§ Kosakata yurid, yastatii', yaqdir, yuhibbu dll yang diikuti huruf "an, lan, li"
أنا اريد أن اتكلم باللغة العربية جيدا
نحن نريد أن نتكلم باللغة العربية جيدا
و هم يريدون أن يتكلموا باللغة العربية جيدا
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Demonstrasi : Peragaan dialog
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan keadaan siswa
§ Menanyakan kepada siswa tentang mufrodat الهـواية pada pertemuan yang lalu
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
v Kegiatan inti
Kegiatan indicator
1,2, 3,4
Guru memberi contoh penggunaan mufrodat dalam
kalimat.
Siswa mencoba menggunakan mufrodat ke kalimat
yang lain.
Siswa mencoba membuat kalimat pertanyaan dengan
kata: limadza, lima, hal
Siswa menjawab pertanyaan dari hiwar atau guru.
Kegiatan indikator 5
a.Guru
memberi contoh membaca mufrodat dan materi hiwar yang baik dan benar, siswa
menirukan.
b.Guru
berperan salah satu tokoh dalam hiwar, siswa berperan tokoh lainnya.
c.siswa
secara berkelompok melafalkan hiwar dengan peran masing-masing.
d.satu kelompok maju ke depan untuk mendemontrasikan
hiwar secara bergiliran
Guru memberi penguatan dengan menyimpulkan kegiatan
hari itu
|
10
50
5
|
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ berdoa
|
10
5
|
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Teks dialog
§
Tayangan Media Elektronik
tentang dialog wisata
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Melafalkan kosa kata dan kalimat
dengan pelafalan yang tepat dan benar
·
Menggunakan / mengucapkan Mufrodat dengan tepat dalam berbagai
kalimat
·
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; limadza, lima, hal
·
Menanggapi/merespons berbagai pertanyaan
dengan tepat
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan
benar
|
§ Praktek lisan / bercerita
§ Tanya jawab / wawancara
|
Uraian
|
§ Ucapkan dengan fasih mufrodat
berikut!
§ Isilah kalimat yang rumpang beriut
dengan kata-kata ang tepat
§ Buatlah kalimat pertanyaan dengan
kata limadza
§ Jelaskan tentang huruf an mashdariyyah,
huruf lan dan li !
§ Peragakan hiwar tentang alhiwayah
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP.
197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
10. BERBICARA
/ KALAM
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
10.2 Melakukan wawancara dengan orang lain tentang الهـواية
C. INDIKATOR
10.2.1. Wawancara tentang kegiatan / hobi
seseorang
10.2.2. Mengungkapkan/bercerita
tentang kebiasaan/hobi seseorang
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat melakukan
wawancara tentang hobi seseorang
E.
Materi Pembelajaran
§ Wacana / teks
hiwar الهواية / hobi
§ Kata Tanya ma, madza …
§ Kosakata yurid, yastatii', yaqdir,
yuhibbu dll yang diikuti huruf
"an, lan, li"
أنا اريد أن اتكلم باللغة العربية جيدا
نحن نريد أن نتكلم باللغة العربية جيدا
و هم يريدون أن يتكلموا باللغة العربية جيدا
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Demonstrasi : peragaan
kelompok
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§
Menanyakan kepada siswa tentang الهـواية
§
Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya dalam kehidupan
|
10
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
|
v Kegiatan inti
§
Siswa membaca
berbagai sumber tentang الهـواية (Eksplorasi)
§
Siswa berpasangan
bertanya jawab menggunakan kata ma, madza, tentang الهـواية masing-masing(eksplorasi)
§
Siswa bertanya
jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§
Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan kegiatan wawancara tentang الهـواية dan merangkum
kegiatan hari itu(Konfirmasi)
|
50
5
|
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§
Guru melaksanakan penilaian lisan
§
Memberikan tugas pengayaan
§
berdoa
|
10
5
|
Relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Teks hiwar
§
Tayangan Media elektronik
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melakukan wawancara
tentang kebiasaan-kebiasaan / hobi (dan atau cita-cita) seorang teman
dengan tepat dan benar secara terstruktur / terbimbing
|
§ Demonstrasi
§ Tes lisan / wawancara
|
Uraian
|
§ Peragakan percakapan tentang hobi
dengan temanmu!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
11. MEMBACA / QIRA'AH
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang (ا الهواية
/Hobi
B. Kompetensi
Dasar
11.1 Membaca kata,
frase, kalimat tentang الهواية
/Hobi dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
menggunakan fiil mudhori’ dan mashdar
C. INDIKATOR
11.1.1. Melafalkan
huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan
tanda baca
D. tujuan pembelajaran
1. Siswa dapat
membaca kata, frase, dan kalimat dengan baik
E.
Materi Pembelajaran
§ Wacana / teks qiraah tentang الهواية / hobi
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Demonstrasi : peragaan
membaca
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang kompetensi yang sudah dilatih tentang الهواية /Hobi
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
|
10
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
|
v Kegiatan inti
Kegiatan
1.a.Guru
memberi contoh cara membaca kata/ bahan qiroah yang baik dan benar, siswa
menirukan.
b.setiap
siswa diberi giliran membaca, secara berkelompok dan secara sendirian.
2.a.Guru
menyuruh siswa membaca bahan qiraah. Siswa yang lain menyimak. Pada suatu
saat bacaan siswa dihentikan dan guru menanyakan bacaannya sudah benar atau
belum. (Penilaian dari performan praktek)
3.
guru menunjukkan bahan bacaan kata, kalimat, paragraf berharakat (ditayangkan
lewat proyektor) beserta bacaannya. Kemudian siswa ditunjukan lagi kata,
kalimat tanpa harakat untuk dibaca. Siswa disuruh melafalkan.
4.
guru memberi penguatan.
|
10
50
5
|
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Menutup pelajaran dengan merefleksi kegiatan hari itu
dengan membaca Hamdallah
|
10
5
|
Relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Teks bacaan
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan
tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
|
§ Drill
§ Demonstrasi
|
Uraian
|
§ Bacalah materi qiraah dengan tepat dan benar
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
11. MEMBACA / QIRA'AH
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang (الهواية
/Hobi
B. Kompetensi
Dasar
11.2 Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang الهواية
/Hobi dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan
mashdar
C. INDIKATOR
11.2.1. Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana
/bahan qira'ah
11.2.2. Mengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana
(tentang hobi)
11.2.3. Menjawab / memberikan respons atas berbagai pertanyaan
tentang keadaan isi / bahan qira'ah
dengan tepat dan benar
D. tujuan pembelajaran
1. Siswa dapat
mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dari wacana tulis
E.
Materi Pembelajaran
§ Teks Bacaan الهواية /Hobi
§ Mufrodat tentang materi hobi
§ Kata Tanya ma, madza, hal
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهواية /Hobi
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الهواية /Hobi
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
dengan artinya tentang الهواية /Hobi (eksplorasi)
§ Siswa mencari arti mufrodat kata-kata dari berbagai sumber
tentang الهواية /Hobi (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang الهواية /Hobi (Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang arti
mufrodat bahan qiraah yang masih belum
jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang isi qiraah الهواية /Hobi bersama-sama
siswa(Konfirmasi)
|
10
50
5
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Doa
|
10
5
|
Relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Teks Bacaan
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira'ah
·
Mengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana (tentang profesi)
§ Menjawab / memberikan respons atas berbagai pertanyaan
tentang keadaan isi / bahan qira'ah
dengan tepat dan benar
|
§ Tes lisan
|
Uraian
|
§ Apa makna pokok dari beberapa
kalimat (paragraf) di atas?
§ Apa tema bacaan berikut?
§ Jawablah berbagai pertanyaan tentang keadaan isi /
bahan qira'ah dengan tepat dan benar !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
11. MEMBACA / QIRA'AH
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang الهواية
/Hobi
B. Kompetensi
Dasar
11.3 Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang ا الهواية
/Hobi dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan
mashdar
C. INDIKATOR
11.3.1.
Mengidentifikasi
kalimat-kalimat berstruktur: fiil mudhari+mashdar
11.3.2.
Membuat
kesimpulan tentang isi qira'ah sesuai
dengan bahasa siswa
D. tujuan pembelajaran
1. Siswa dapat
menemukan informasi umum secara rinci dari wacana tulis
E.
Materi Pembelajaran
§ Teks Qiraah الهواية /Hobi
§ Kalimat-kalimat ber-struktur fiil
mudho-ri’ + mashdar shorih
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهواية /Hobi
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang mufrodat yang lalu
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat mencari
kalimat berstruktur fiil mudhari+mashdar dalam teks(eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang kalimat berstruktur fiil
mudhari+mashdar (Eksplorasi)
§ Hasil pencarian dipajang di papan
tulis
§ Siswa saling menilai hasil pencarian berdasarkan
apa yang telah dibaca tentang kalimat berstruktur
fiil mudhari+mashdar (Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru bertanya jawab dengan siswa
tentang isi qiraah (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan kalimat berstruktur fiil
mudhari+mashdar (Konfirmasi)
|
10
50
5
|
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Doa
|
|
relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Teks Qiraah
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Mengidentifikasi kalimat-kalimat berstruktur: fiil mudhari+mashdar
§ Membuat kesimpulan
tentang isi qira'ah sesuai dengan bahasa siswa
|
§ Tes unjuk kerja
§ Tes tulis
|
Uraian
|
§ Carilah kalimat yang berstruktur fiil mudhari+mashdar dalam teks qiraah!
§ Buatlah kesimpulan tentang isi qira'ah sesuai dengan bahasa siswa !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
12. KITABAH / MENULIS
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
12.1 Menulis paragraf
sederhana tentang الهـواية
dari beberapa teman sekelasnya
C. INDIKATOR
12.1.1. Menulis kosakata /kalimat-kalimat
sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla' manqul)
12.1.2. Menyusun
huruf-huruf menjadi kata-kata dengan
benar
12.1.3. Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
12.1.4. Menyusun kalimat-kalimat
menjadi paragraf
D. tujuan pembelajaran
1.
siswa dapat menulis paragraf sederhana
E.
Materi
Pembelajaran
§ Mufrodat / kalimat-kalimat
tentang الهواية / hobi
§ Huruf an mashdariyyah, lan dan li
§ Kata Tanya ma, madza …
§ Kosakata yurid, yastatii', yaqdir, yuhibbu
yang diikuti huruf "an, lan, li"
أنا اريد أن اتكلم باللغة العربية جيدا
نحن نريد أن نتكلم باللغة العربية جيدا
و هم يريدون أن يتكلموا باللغة العربية جيدا
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang materi الهـواية sebelumnya
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
v Kegiatan inti
a.
siswa berkelompok menyusun kata-kata tanpa
harakat dari guru sehingga menjadi kalimat yang sempurna, kemudian membacanya
b.
.Guru menyuruh siswa membaca bahan
qiraah/teks (disediakan guru/LKS/ buku), mengingat/menghafalkan mufradat yang
ada baik tulisan maupun artinya.kemudian siswa disuruh menutup teks.
c.
Guru mendikte mufradat, kalimat yang
diambilkan dari bahan tsb.Hasil dikumpulkan, dinilai.
d.
Guru membagikan kalimat-kalimat pada
setiap kelompok. Tugas kelompok adalah menyusun kalimat-kalimat tsb. Menjadi
sebuah paragraf.
e.
Hasil dibacakan oleh wakil kelompok. Yang
terbaik diberikan penghargaan. Karya dipajang.
f.
Guru memberikan kesimpulan
|
10
50
5
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Doa
|
10
5
|
Relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Kamus, LCD Proyektor, Gambar
§
Media gambar aktivitas siswa di madrasah
dan lokasi wisata
I.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menulis kosakata / kalimat-kalimat sesuai contoh dengan
tepat dan benar (khat / imla’ manqul)
§ Menyusun huruf-huruf
menjadi kata-kata dengan benar
§ Menyusun
kata-kata menjadi kalimat sempurna
§ Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
|
§ Tes unjuk kerja
§ Uji petik kerja
§ Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tulislah kosakata / kalimat-kalimat sesuai contoh
dengan tepat dan benar (khat / imla’
manqul) !
§ Susunlah huruf-huruf berikut menjadi kata dengan
benar!
§ Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang
sempurna!
§ Buatlah paragraf yang baik dari kalimat-kalimat ini!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
MTsN Takeran
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
... x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Pertemuan ke- : -
A. Standar
Kompetensi
12. KITABAH / MENULIS
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang الهـواية
B. Kompetensi
Dasar
12.2 Menulis
beberapa الهـواية yang disenangi
C. INDIKATOR
12.2.1. Menulis karangan sesuai
dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis tentang kebiasaan / hobi (dan atau cita-cita)
seorang teman
12.2.2. Mengidentifikasi kata
tanya madza ya'malu...? dan hal turid an...dll
D. tujuan pembelajaran
1.
Siswa dapat menulis tentang hobi
E.
Materi
Pembelajaran
§ الهواية
/ hobi
§ Mufrodat tentang kata kerja harian (fiil mudhari)
§ Huruf an mashdariyyah, land an li
§ Kata Tanya ma, madza …
§ Kosakata yurid, yastatii', yaqdir, yuhibbu
yang diikuti huruf "an, lan, li"
أنا اريد أن اتكلم باللغة العربية جيدا
نحن نريد أن نتكلم باللغة العربية جيدا
و هم يريدون أن يتكلموا باللغة العربية جيدا
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang الهـواية
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter Yang Ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الهـواية
§ Menjelaskan INDIKATOR dan manfaatnya
dalam kehidupan
v Kegiatan inti
a.Guru
membagikan gambar-gambar komik yang belum diberi narasi/dialog. Siswa dalam
kelompok memberi kalimat narasi/dialognya. Hasil dibacakan oleh wakil
kelompok. Yang terbaik diberikan penghargaan. Karya dipajang.
b.Guru
membagikan gambar dan dialog/narasi ke setiap kelompok. Tugas kelompok adalah
mencocokkan/matching gambar dengan dialog.
c.Guru
menyuruh siswa mengidentifikasi kalimat yang bisa dibuat pertanyaan dengan
kata madza
ya'malu...? dan
hal turid an
d.Guru memberikan penguatan tentang kegiatan yang
dilakukan
|
10
50
5
|
bertaqwa
peduli dengan sesama
keberanian, percaya diri,
cinta ilmu
dipercaya, kerjasama
Cinta ilmu
Tanggung jawab individu,
menghargai teman
Tanggung jawab sosial,
keberanian,
dipercaya, kerjasama
|
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Doa
|
10
5
|
Relegius
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab untuk Kelas VIII
MTs, Semarang: Aneka Ilmu , 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Kamus, LCD Proyektor, Gambar
§
Media gambar aktivitas siswa di madrasah
dan lokasi wisata
I.
Assessment
/ Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur
/ terbimbing (misalnya: menulis
tentang kebiasaan / hobi (dan atau cita-cita) seorang teman
§ Mengidentifikasi kata tanya madza ya'malu...? dan hal turidun...dll
|
§ Tes unjuk kerja
§ Uji petik kerja
|
Uraian
|
§ Tulislah karangan sesuai dengan tema secara terstruktur
dengan mengidentifikasi kata tanya madza
ya'malu...? dan hal turidun !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Moh. Jubarudin,M.Pd
NIP.196511151992031001
|
|
Takeran , ……. Januari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Imam Mursid, SS
NIP. 197112062006041015
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar